TUGAS
B.INDONESIA
LANGKAH
PEMBELAJARAN TENTANG KOSAKATA
Kelas
IV Semester 1
Standar
Kompetensi:
Membaca
3.
Memahami teks agak panjang (120-200 kata), petunjuk pemakaian, makna
kata dalam kamus/ensiklopedi
Kompetensi
Dasar
3.3
Menemukan makna dan informasi secara tepat dalam kamus/ensiklopedi
melalui membaca memindai
Model
Pembelajaran yang digunakan : Think Pair Share
Langkah
Pembelajaran :
- Guru menyampaikan materi tentang makna dan informasi serta membaca memindai.
- Siswa diminta untuk mencari makna kata pada ensiklopedi/kamus dengan membaca memindai. Kata-kata yang harus dicari maknanya adalah : Membaca, Judul, Menemukan, Cermat, Memandang
- Siswa diminta berpasangan dengan teman sebelahnya dan mengutarakan hasil pencarian makna kata dengan membaca memindai
- Setiap kelompok yang sudah selesai menemukan makna kata-kata tersebut dapat mengemukakan hasilnya di depan kelas.
- Guru menyimpulkan
Materi
Membaca
1.
Makna dan Informasi
Makna
merupakan kata yang menyampaikan maksud tertentu. Kamu dapat memahami
sesuatu dengan adanya makna yang jelas. Setiap kata ataupun kalimat
mempunyai makna.
Dalam
sebuah pengumuman atau informasi, kamu dapat membacanya di papan
pengumuman atau informasi. Tidak setiap kata atau kalimat yang kamu
baca, dapat dimengerti maksud ataupun maknanya. Untuk itu, kamu
memerlukan kamus untuk mengetahui artinya. Sehingga kamu harus
membaca dengan cermat atau disebut dengan membaca memindai.
2.
Membaca Memindai
Membaca
memindai yaitu membaca dengan cermat dan teliti, dengan memandang
bacaannya untuk mengetahui intinya. Membaca memindai dilakukan untuk
menemukan informasi secara cepat, yaitu dengan melihat secara sekilas
bagian-bagian teks terutama judul, daftar isi, kata pengantar, dan
yang lainnya. Teknik ini dapat digunakan ketika membaca bacaan ringan
atau koran.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar